Sabtu, 01 Oktober 2011

Klimatologi dan Oseanografi (Angkt 2011)

KLIMATOLOGI

Klimatologi adalah ilmu yang mempelajari iklim, dan merupakan sebuah cabang dari ilmu atmosfer. Dikontraskan dengan meteorologi yang mempelajari cuaca jangka pendek yang berakhir sampai beberapa minggu, klimatologi mempeljari frekuensi di mana sistem cuaca ini terjadi.

Klimatologi tidak mempelajari fenomena atmosfer secara tepat (misalnya pembentukan awan, curah hujan, dan petir), tetapi mempelajari kejadian rata-rata selama beberapa tahun sampai millenia, dan juga perubahan dalam pola cuaca jangka panjang, dalam hubungannya dengan kondisi atmosfer.

OSEANOGRAFI

Oseanografi (berasal dari bahasa Yunani oceanos yang berarti laut dan γράφειν atau graphos yang berarti gambaran atau deskripsi juga disebut oseanologi atau ilmu kelautan) adalah cabang dari ilmu bumi yang mempelajari segala aspek dari samudera dan lautan. Secara sederhana oseanografi dapat diartikan sebagai gambaran atau deskripsi tentang laut. Dalam bahasa lain yang lebih lengkap, oseanografi dapat diartikan sebagai studi dan penjelajahan (eksplorasi) ilmiah mengenai laut dan segala fenomenanya. Laut sendiri adalah bagian dari hidrosfer. Seperti diketahui bahwa bumi terdiri dari bagian padat yang disebut litosfer, bagian cair yang disebut hidrosfer dan bagian gas yang disebut atmosfer. Sementara itu bagian yang berkaitan dengan sistem ekologi seluruh makhluk hidup penghuni planet Bumi dikelompokkan ke dalam biosfer.

Para ahli oseanografi mempelajari berbagai topik, termasuk organisme laut dan dinamika ekosistem; arus samudera, ombak, dan dinamika fluida geofisika; tektonik lempeng dan geologi dasar laut; dan aliran berbagai zat kimia dan sifat fisik didalam samudera dan pada batas-batasnya. Topik beragam ini menunjukkan berbagai disiplin yang digabungkan oleh ahli oceanografi untuk memperluas pengetahuan mengenai samudera dan memahami proses di dalamnya: biologi, kimia, geologi, meteorologi, dan fisika.

Beberapa sumber lain berpendapat bahwa ada perbedaan mendasar yang membedakan antara oseanografi dan oseanologi. Oseanologi terdiri dari dua kata (dalam bahasa Yunani) yaitu oceanos (laut) dan logos (ilmu) yang secara sederhana dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang laut. Dalam arti yang lebih lengkap, oseanologi adalah studi ilmiah mengenai laut dengan cara menerapkan ilmu-ilmu pengetahuan tradisional seperti fisika, kimia, matematika, dan lain-lain ke dalam segala aspek mengenai laut.

Oseanografi adalah bagian dari ilmu kebumian atau earth sciences yang mempelajari laut,samudra beserta isi dan apa yang berada di dalamnya hingga ke kerak samuderanya. Secara umum, oseanografi dapat dikelompokkan ke dalam 4 (empat) bidang ilmu utama yaitu: geologi oseanografi yang mempelajari lantai samudera atau litosfer di bawah laut; fisika oseanografi yang mempelajari masalah-masalah fisis laut seperti arus, gelombang, pasang surut dan temperatur air laut; kimia oseanografi yang mempelajari masalah-masalah kimiawi di laut, dan yang terakhir biologi oseanografi yang mempelajari masalah-masalah yang berkaitan dengan flora dan fauna atau biota di laut.
MISBAHUDDIN

Klimatologi berasal dari bahasa Yunani Klima dan Logos. Klima artinya kemiringan yang diarahkan ke lintang tempat sedangkan Logos artinya ilmu. Seingga Klimatologi data diartikan sebagai ilmu yang mencari gambaran dan penjelasan sifat iklim, penyebab perbedaan iklim di Bumi,dan juga kaitannya dengan iklim dan aktivitasmanusia.
Iklim merupakan salah satu factor pembatas dalam proses pertumbuhan dan produksi tanaman Jenis-jenis dan sifat-sifat ikim bias menentukan jenis-jenis tanaman yang bias tumbuh dengan iklim tertentu. Oleh karena itu, iklim sangat berpengaruh di bidang pertanian. . Seiring dengan dengan semakin berkembangnya isu pemanasan global dan akibatnya pada perubahan iklim, membuat sektor pertanian begitu terpukul. Tidak teraturnya perilaku iklim dan perubahan awal musim dan akhir musim seperti musim kemarau dan musim hujan membuat para petani begitu susah untuk merencanakan masa tanam dan masa panen. Untuk daerah tropis seperti Indonesia, hujan merupakan faktor pembatas penting dalam pertumbuhan dan produksi tanaman pertanian. Selain hujan, unsur iklim lain yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman adalah suhu, angin, kelembaban dan sinar matahari.
Stasiun Meteorologi Pertanian adalah suatu tempat untuk mengadakan pengamatan secara terus menerus keadaan lingkungan ( atmosfer ). Suatu stasiun meteorology paling sedikit menagamati keadaan iklim selama 10 tahun berturut-turut, sehingga akan didapatkan gambaran umum tentang rerata keadaan iklim suatu tempat. Agar diperoleh hasil pengamatan yang akurat, maka dibutuhkan beberapa persyaratan yaitu pertama, penempatan lokasi stasiun harus mewakili keadaan lahan yang luas. Untk mendapatkannya, kita harus mengambil suatu tempat untuk dijadikan bahan penelitian. Kedua, masing-masing alat harus dapat memberikan hasil pengukuran parameter cuaca yang abash ( tepat dan akurat ), sederhana, kuat atau tidak mudah rusak, mudah penggunaannya serta perawatannya. Ketiga, pengamatan harus dapat dibuktikan kebenarannya, terlatih, dan terampil.
Selain itu, Stasiun Meteorologi harus ditempatkan pada daerah terbuka dan representative ( mewakili ). Secara umum, luas daerah terbuka bagi suatu stasiun Meteorolgi pertanian dengan peralatannya lengkap, kira-kira 2 sampai 2,5 hektar.

1 komentar: