Fish

Senin, 01 Agustus 2011

FISIOLOGI HEWAN AIR, PENDAHULUAN

Ilmu Fisiologi adalah ilmu yang mempelajari fungsi, mekanisme dan cara kerja dari organ, jaringan dan sel-sel organisme. Berdasarkan golongan organisme maka fisiologi dapat dibedakan atas ; fisiologi ikan, fisiologi udang, fisiologi molusca dll. Sedang pembagian fisiologi berdasarkan organnya dapat dibedakan atas fisiologi sel, fisiologi umum dan fisiologi perbandingan.
          Secara umum fisiologi terdiri atas :
-         General physiology
-         Comparative physiologi
-         Cell physiologi
-         Vertebrata physiologi (human physiologi, mamlia physiologi)
-         Invertebrata physiologi
-         Insect physiologi
-         Plant physiologi
-         Fish physiologi
-         Biophysics
-         Biochemistry
Bidang fisiologis yang membahas grup hewan kadang-kadang disebut sebagai fisiologis khusus karena bidang ini membahas tentang fungsi sel dan organ-organ tubuh serta interaksi yang terjadi akibat aktifitas sel-sel dalam organ tubuh hewan tertentu
dan organ-organ tubuh serta interaksi yang terjadi akibat aktifitas sel-sel dalam organ tubuh hewan tertentu artinya fisiologi khusus tentang suatu organisme dan tidak dapat berlaku pada organisme lain.
Comparative physiologi menerangkan fungsi system dari beberapa jenishewan. Sebagai contoh konsepsi tentang neurohormones, disatu pihak mencoba menemukan apa yang dapat dihasilkan oleh neurohormones ini dan hasil akhir apa yang dikeluarkan pada ujung-ujung saraf. Selain itu Comparative physiologi mencoba meneliti, melukiskan dan mengklasifikasikan keragaman mekanisme dasar antara hewan dan tumbuhan. Cakupannya tidak terbatas pada tingkatan fungsi organ tubuh, akan tetapi mencakup tingkatn organisasi sel-sel tubuh, molekul hingga atom.


General physiology mencoba untuk menerangkan konsep-konsep yang umum dari fungsi-fungsi atau mekanisme yang merupakan landasan proses kehidupan dari semua organisme. Jadi prinsipnya ilmu ini hanya memberikan gambaran umum saja, atau bersifat induktif sedang comparative fisiologi bersifat deduktif. Akan tetapi cakupan kedua ilmu ini sama saja, menyangkut struktur dan fungsi mulai tingkatan yang paling rendah yaitu atom, molekul serta sel, jadi hanya pendekatannya saja yang berbeda.
Cell physiology menyangkut penelaahan tentang pertumbuhan sel, pengaturan yang terjadi dalam sel, pembelahan sel (mitosis dan meiosis), interaksi dalam sel dan pola tingkah laku dari protoplasma. Objek utama yang dapat dilihat dalam bidang ilmu ini adalah perkembangan sel telur dari organisme-organisme.

PERANAN FISIOLOGIS

          Peranan ilmu fisiologis dalam kehidupan manusia cukup banyak contohnya dalam bidang perikanan, maka ilmu fisiologi sangat berperan dalam akuakultur (tehnik hypofisasi, tehnik pemberian makanan buatan beradasarkan atas perkiraan kalori yang dibutuhkan ikan, memperkecil mortalitas, pemuliaan benih, reproduksi dll). Sedangkan dalam tehnik penangkapan ikan penerapan/penggunaan cahaya untuk menangkap ikan atau lighy fishing berdasarkan penelitian fototaksis dari ikan, pendugaan posisi gerombolan ikan yaitu dengan mengetahui kepekaan hewani perairan terhadap suara, perancangan jarring berdasarkan daya seleksi mata ikan terhadap berbagai warna dll.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar