Jumat, 05 Agustus 2011

SISTEM SARAF PADA IKAN

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Sistem saraf adalah sebagai sistem koordinasi untuk mengantisipasi perubahan kondisi lingkungan dan perubahan status kehidupan (reproduksi dsb). Perubahan lingkungan akan diinformasikan ke sistem saraf (saraf pusat dsb), saraf akan merangsang kelenjar endokrin untuk mengeluarkan hormon-hormon yang hormon dikirim ke organ target dan aktivitas metabolisme dibutuhkan  akan merangsang jaringan-jaringan.
v  Sistem saraf terdiri dari :
1. sistem cerebro spinal
2. sistem saraf pusat,  otak dan tulang punggung
3. sistem saraf tepi
4. sistem otonom, simpati dan parasimpati
5. organ-organ khusus, hidung, telinga, mata, LL
6. sistem saraf pada ikan, sistem saraf pada LL  mendeteksi kondisi lingkungan (pH, suhu,)
B.     PERMASALAHAN
1.      Pengertian sistem saraf?
2.      Proses perubahan lingkungan?
3.      Susunan sistem saraf?

C.    TUJUAN
Tujuan dari makalah ini saya buat untuk mengetahui sistem saraf pada ikan. Dan manfaat dari makalah ini dapat dijadikan sebagai bahan bacaan dan sumber referensi atau acuan bagi pembaca, baik mahasiswa, masyarakat maupun para peneliti.




BAB II
SISTEM SARAF
Sistem saraf adalah sebagai sistem koordinasi untuk mengantisipasi perubahan kondisi lingkungan dan perubahan status kehidupan (reproduksi dsb). Perubahan lingkungan akan diinformasikan ke sistem saraf (saraf pusat dsb), saraf akan merangsang kelenjar endokrin untuk mengeluarkan hormon-hormon yang hormon dikirim ke organ target dan aktivitas metabolisme dibutuhkan  akan merangsang jaringan-jaringan.
v Sistem saraf terdiri dari :
1. sistem cerebro spinal :
2. sistem saraf pusat : otak dan tulang punggung
3. sistem saraf tepi
4. sistem otonomi : simpati dan parasimpati
5. organ-organ khusus : hidung, telinga, mata, LL
6. sistem saraf pada ikan : sistem saraf pada LL  mendeteksi kondisi lingkungan (pH, suhu,)
Vertebrata ( hewan bertulang belakang ) menerima rangsangan dari lingkungan melalui organ perasa (sense organ) yaitu otak dan sumsum tulang belakang yang melalui impuls ke otak atau kelenjar.
Syaraf adalah organ yang paling dulu dibentuk dari lapisan terluar (exoderm) yang berfungsi sebagai penghubung. System syaraf bersama-sama dengan system hormonal mengatur peranan penting dalam proses koordinasi dan pengaturan semua aktivitas yang berlangsung dalam tubuh. Perbedaannya adalah bahwa koordinasi dan pengaturan melalui saraf berjalan relative cepat jika dibandingkan melalui system hormonal.
Pusat koordinasi syaraf terdapat pada otak dan sumsum tulang belakang yang menyampaikan perintah melalui impuls syaraf yang dibawa oleh syaraf motoris ke organ-organ efektor, dan sebaliknya, otak akan menerima informasi melalui sinyal-sinyal yang dibawa oleh syaraf sensoris dari reseptor.
Dalam menjalarkan impuls baik yang berasl dari syaraf pusat ke efektor, maupun dari reseptor ke otak dibantu oleh adanya neurotransmitter yang bekerja pada sinaps sebagai titik temu antara dua neuron. Neuron atau sel syaraf hanyalah merupakan satuan/unit structural, sedangkan unit fungsionalnya merupakan apa yang disebut lengkung refleks yang terdiri atas syaraf pusat sebagai pusat koordinasi, syaraf sensoris, syaraf motoris, efektor dan reseptor.


BAB II
SENSORY DAN SISTEM SARAF
2.1 Sistem saraf pusat
Ikan biasanya memiliki cukup kecil otak relatif terhadap ukuran tubuh dibandingkan dengan vertebrata lainnya, biasanya satu-lima belas massa otak dari burung berukuran sama atau mamalia. Namun, ikan beberapa memiliki otak yang relatif besar, terutama mormyrids dan hiu , yang telah untuk berat badan otak tentang besar sebagai relatif burung dan marsupial.
Otak Ikan dibagi menjadi beberapa daerah.  Di depan adalah lobus penciuman , sepasang struktur yang menerima dan memproses sinyal dari lubang hidung melalui dua saraf penciuman  Lobus penciuman yang sangat besar dalam ikan yang berburu terutama oleh bau, seperti. hagfish, hiu, dan lele. Di balik cuping pencium adalah dua-lobed telencephalon , setara struktural ke otak dalam vertebrata yang lebih tinggi. Dalam ikan telencephalon yang bersangkutan kebanyakan dengan penciuman

Bersama ini membentuk struktur otak depan. Menghubungkan otak depan untuk otak tengah adalah diencephalon (dalam diagram, struktur ini adalah di bawah lobus optik dan akibatnya tidak terlihat). Diensephalon melakukan fungsi yang berhubungan dengan hormon dan homeostasis. Struktur ini mendeteksi cahaya, memelihara circadian irama, dan kontrol perubahan warna. Para otak tengah atau mesencephalon berisi dua lobus optik .Ini sangat besar pada spesies yang berburu dengan pengelihatan, seperti rainbow trout dan Cichlids. The hindbrain atau metencephalon terutama terlibat dalam kolam dan keseimbangan.

Serebelum adalah sebuah struktur lobed tunggal yang biasanya merupakan bagian terbesar dari otak. Hagfish dan lamprey memiliki cerebellae relatif kecil, sedangkan mormyrid otak kecil yang besar dan tampaknya mereka terlibat dalam arti listrik. Batang otak atau myelencephalon adalah otak posterior. Dan juga mengendalikan beberapa otot dan organ tubuh, pada ikan bertulang setidaknya, batang otak mengatur pernapasan dan osmoregulasi .
2.2 Sistem otot
Kebanyakan ikan yang bergerak dengan bergantian kontrak set dipasangkan otot di kedua sisi tulang belakang. Kontraksi ini bentuk kurva berbentuk S yang bergerak ke bawah tubuh Seperti kurva masing-masing mencapai sirip punggung, gaya mundur diterapkan untuk air, dan dalam hubungannya dengan sirip, ikan bergerak ke depan. Sirip juga meningkatkan luas permukaan ekor, meningkatkan kecepatan. Sejak jaringan tubuh lebih padat daripada air, ikan harus mengimbangi perbedaan atau mereka akan tenggelam ikan bertulang. Banyak organ internal yang disebut berenang kandung kemih yang menyesuaikan daya apung mereka melalui manipulasi gas.
v  Sistem saraf ikan terdiri dari dua bagian:
1.      sistem serebrospinal (seperti ikan adalah vertebrata a!)
2.      sistem otonom
. Sistem cerebrospinal dibagi menjadi dua divisi: divisi utama, yang terdiri dari kabel otak dan tulang belakang, dan divisi perifer, terdiri dari kedua saraf tengkorak dan tulang belakang dan organ-organ penginderaan khusus, seperti mata dan telinga. Sistem saraf otonom terdiri dari ganglia, serat, dan kedua bagian simpatis dan parasimpatis. 
Struktur organ yang paling penting dari sistem saraf, otak itu sendiri, mungkin berbeda antara spesies yang berbeda dari ikan. Namun, semua otak berisi bagian definitif sama dan gigi berlubang. Otak ikan terdiri dari otak depan sebuah, tween otak ', otak tengah, sebuah otak kecil, dan medula oblongata. Juga mengandung banyak rongga otak seperti ventrikel lateral pasangan, ventrikel ketiga, metacoel dan ventrikel keempat, otak ikan dianggap hanya merupakan pembesaran ujung anterior pada tulang belakang, berada dalam tengkorak dari tengkorak untuk perlindungan.
Otak itu sendiri tercakup dalam lapisan pembuluh darah untuk sirkulasi, dan berwarna putih dan lembut. Karena ikan adalah vertebrata, yang memiliki sebuah kolom vertebra yang menjalankan panjang ikan, perumahan sumsum tulang belakang dalam kanal saraf.
2.3 Sistem Otak dan Saraf Ikan
Menjadi sangat kompleks bentuk kehidupan ikan membutuhkan otak dan sistem saraf untuk mengontrol tindakan-tindakan tubuh mereka. Sistem saraf ikan, sama seperti kita, terdiri dari otak pusat koordinasi, kabel tulang belakang dan banyak, banyak saraf.
Otak: Secara umum ikan memiliki otak kecil dalam hubungan dengan berat badan mereka secara keseluruhan. Elasmobranchs (Hiu dan Sinar) pada umumnya memiliki otak sedikit lebih besar untuk massa tubuh yang sama seperti Teleosts (Ikan Bony), namun ada berbagai variasi dalam teleosts ilmuwan telah mempelajari sesuatu yang sangat mengejutkan tentang Ikan Elephantnose (Gnathonemus petersii).
Bersembunyi di vegetasi dan kemudian agresif menyerang sesuatu kecil yang datang dekat tampaknya tidak membutuhkan kecerdasan banyak. (Essox Lucius) memiliki otak yang berjumlah hanya 0,077 persen dari total massa tubuh. Yang berarti bahwa ketika Anda menangkap Pike kilogram 5 Anda telah keluar bermanuver ikan dengan berat 3,85 gram otak atau salah satu tujuh ons. Dalam perbandingan Burbot (Lota Lota) adalah sedikit lebih pintar karena memiliki otak yang merupakan 0,13 persen dari berat tubuhnya arti 5 spesimen kilo akan memiliki otak 6,5 gram, masih nya adalah bodoh ikan cantik. Kebanyakan ikan memiliki otak yang kurang dari 1 persen berat badan mereka, tetapi tidak semua.
Pada ujung lain dari kontinum intelijen ikan ikan Elephantnose listrik, dengan otak yang 3,1 persen dari berat tubuhnya itu jauh lebih pintar dari Pike, jika tumbuh untuk menimbang 5 kilo otaknya akan berat 155 gram, yang akan membuat 40 kali lebih besar dari seorang Pike berat serupa. Untuk melihatnya cara lain manusia memiliki rata-rata, otak yang beratnya di sekitar 2,3 persen dari berat badan. Seorang manusia kilo lima akan memiliki otak hanya 115 gram, yang lebih kecil dibandingkan dengan Ikan Elephantnose.
Intelijen Tidak lebih dari sekedar massa otak atau bahkan otak terhadap tubuh, sedangkan otak besar memang membuat lebih mudah untuk menjadi pintar, itu adalah kompleksitas otak dan proporsi relatif dari otak-depan yang paling penting. Mendominasi otak yang paling kompleks dan paling otak depan di planet ini adalah milik lumba-lumba dan manusia. Namun demikian kita dapat melihat bahwa beberapa ikan jauh lebih cerdas dari yang lain dan ikan Elephantnose dikenal di kalangan aquarists sebagai yang paling lucu dan ingin tahu ikan.

Otak cyclostomes (Hagfish dan lamprey) yang sederhana namun khusus berevolusi untuk memenuhi gaya hidup mereka.. Misalnya lobus optik dikembangkan dengan baik di lamprey visual berorientasi tapi yg tak dpt dibedakan dalam Hagfish buta. Dalam kedua medula Namun besar dan kecil dan otak kecil. Bersama medula otak kecil membuat otak belakang.
Medula yang mengontrol operasi dari organ bagian dalam seperti detak jantung, tekanan darah, pencernaan dan pembuangan limbah. Ini juga merupakan pusat relay untuk banyak saraf mengirimkan pesan ke dan dari pertengahan dan atau otak depan.
Kontrol otak motor koordinasi (tetapi tidak melakukan kegiatan motor). Ini berarti mengontrol waktu dan interaksi otot sekali tindakan otot telah dimulaiOtak kecil juga penting dalam menjaga keseimbangan.
Pertengahan-otak ikan sebagian besar terdiri dari lobus optik, yang sangat bervariasi antar spesies sesuai dengan ketergantungan mereka pada penglihatan, dan pada beberapa spesies lobus optik mungkin begitu besar mereka benar-benar menutupi otak depan. Dalam ikan pertengahan-otak adalah penting dalam memilah informasi yang masuk dan juga pusat utama belajar (sedangkan pada mamalia itu adalah otak depan yang merupakan pusat utama belajar).
Otak depan ikan didominasi oleh lobus penciuman yang memperpanjang ke depan dan dapat ditempatkan pada ujung tangkaiLobus ini penciuman yang besar di cyclostomes dan sangat besar di elasmobranchs mencerminkan pentingnya bau tersebut kepada kelompok-kelompok ikanThe teleosts, untuk siapa penglihatan sering rasa paling penting memiliki cuping pencium yang lebih kecil.
Dalam elasmobranchs banyak dan beberapa teleosts terdapat otak atau sepasang belahan otak ini juga tampaknya menjadi dominan terlibat dengan indera penciuman (pada mamalia otak besar jauh lebih besar dan terlibat dalam perencanaan dan belajar). Pituitary juga muncul dari otak depan, itu memainkan peranan penting dalam regulasi metabolisme.
Otak ikan tidak pernah benar-benar mengisi kranium, rongga dalam tengkorak di mana terletak dilindungi. Akhirnya seperti dalam semua vertebrata otak, plus gel, dikelilingi oleh suatu membran yang membantu menjaga benda asing dan mikro-organisme dari kontak ini organ yang paling penting.
1.      Kabel Spinal - Kabel tulang belakang, atau tali saraf yang sama di semua ikan. Ini adalah selubung tebal bahan saraf yang berjalan dari dasar otak kembali sepanjang tubuh ikan melalui, dan dilindungi oleh, saluran saraf tulang belakang. Biasanya ia meluas panjang penuh ikan tubuh, tetapi pengecualian untuk ini adalah Sunfish raksasa (Mola mola) dimana sumsum tulang belakang sebenarnya lebih pendek dari otak. Ini berfungsi sebagai dasar tanggapan sederhana banyak dan sebagai link utama ke otak untuk masukan sensorik dan tanggapan otak-dimediasi.
2.      The Saraf - Terlepas dari otak dan sumsum tulang belakang tubuh ikan ini dilengkapi dengan jaringan luas saraf, kabel listrik sepanjang tubuh yang pesan perjalanan. araf dibangun dari banyak neuron dan neuron adalah sistem satu arah, pesan baik perjalanan ke atau dari otak atau sumsum tulang belakang di sepanjang jalur saraf tertentu, tetapi tidak pernah dua arah. Mereka saraf yang muncul dari sumsum tulang belakang disebut saraf tulang belakang dan orang-orang yang timbul dari otak disebut saraf kranial.
Biasanya ada satu sepasang saraf tulang belakang (kiri dan kanan) untuk tiap vertebra, ikan sehingga panjang kurus dengan banyak tulang seperti belut akan memiliki lebih banyak pasangan saraf tulang belakang dari ikan yang jauh lebih singkat seperti sebuah Gobi.. Pada ikan ada 10 pasang saraf kranial semua dengan peran didefinisikan dengan baik.

Pasangan 1. Sensory menghubungkan organ-organ hidung untuk penciuman lobus.
Pasangan 2. Sensory menghubungkan mata dengan lobus optik.
Pasangan 3.  Menghubungkan ke otot.
Pasangan 4. Menghubungkan ke otot.
Pasangan 5. Campuran, bagian otot bagian sensorik.
Pasangan 6. Menghubungkan ke otot.
Pasangan 7. Campuran, bagian otot bagian sensorik.
Pasangan 8.Sensory, menghubungkan otak dengan telinga bagian dalam, penting untuk keseimbangan.
Pasangan 9. Sensory, menghubungkan otak dengan insang dan langit-langit mulut.
Pasangan 10. Campuran, usus, insang, jantung dan garis rusuk.
BAB III
KESIMPULAN

Sistem saraf adalah sebagai sistem koordinasi untuk mengantisipasi perubahan kondisi lingkungan dan perubahan status kehidupan (reproduksi dsb). Perubahan lingkungan akan diinformasikan ke sistem saraf (saraf pusat dsb), saraf akan merangsang kelenjar endokrin untuk mengeluarkan hormon-hormon yang hormon dikirim ke organ target dan aktivitas metabolisme dibutuhkan  akan merangsang jaringan-jaringan.
 
DAFTAR PUSTAKA

·         Moyle, PB, & Cech, JJ, Jr. (1982). · Moyle, PB, & Cech, JJ, Jr (1982). Fishes, An Intorduction to Ichthyology. Ikan, Sebuah Intorduction untuk ilmu pengetahuan tentang ikan. (2nd ed.) New Jersey: Prentice-Hall, Inc. (. 2nd ed) New Jersey: Prentice-Hall, Inc




4 komentar: